Saturday 22 November 2014

Cabut Subsidi, Intel Janjikan Gadget Androidnya bakal Lebih Murah

 http://images.detik.com/content/2014/11/22/317/img_20141121_152107.jpg

Detik.com Jakarta - Sebelumnya diberitakan Intel bakal segera mencabut subsidi terhadap vendor rekanannya. Hal ini pun disebut dapat berujung pada naiknya harga gadget Android-nya. Namun meski tidak menepisnya, raksasa chip ini malah menjanjikan gadget Androidnya bakal lebih murah.

Itu karena Intel telah memastikan akan segera menghadirkan platform mobile terbarunya yang diberi nama Intel SoFIA. Kelebihan platform yang merupakan sebuah paket prosesor, chip grafis dan modem ini terletak pada harganya yang bisa dibanderol lebih murah meski tanpa subsidi.

“Kami targetkan perangkat yang nantinya menggunakan Intel SoFIA bisa dibanderol di bawah angka USD 99 (sekitar Rp 1,2 juta),” ujar Yannick Leclercq, Managing Director Intel Mobile Communications, di acara Intel Future Showcase di Singapura.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Leclercq, platform Intel SoFIA punya beberapa varian yang akan mengisi berbagai segmen harga mulai dari entry level hingga kelas menengah. Yakni yang menggunakan prosesor dual core dengan dukungan seluler sebatas 2G dan yang sudah mendukung teknologi 3G. Keduanya disiapkan untuk mengisi segmen entry level.

Kemudian untuk segmen menengah, Intel punya platform SoFIA yang telah mengandalkan prosesor quad core dengan dukungan teknologi 3G dan juga yang telah mendukung 4G LTE.

Menariknya, meski Leclercq sudah menyebut harga yang akan diusungnya akan berada di bawah USD 99. Untuk varian terendah Intel SoFIA, Leclercq mengatakan ponsel yang menggunakannya sangat mungkin bisa dibanderol di angka USD 50 atau setara Rp 600 ribu.

“Sedangkan untuk varian tertinggi yang punya performa tinggi dan juga telah mendukung 4G LTE sementara ini rencananya hanya akan dibenamkan di perangkat tablet. Tapi tak menutup kemungkinan juga akan ditanamkan di ponsel,” imbuh Christopher Kelly, GM Design Center Intel Malaysia.

Kelly juga menjelaskan, meski diberi nama Intel SoFIA, sebenarnya platform terbaru Intel untuk ponsel dan tablet ini dikembangkan dari prosesor Intel Atom yang sudah ada namun dengan sejumlah improvisasi yang membuatnya lebih baik dari sisi performa dan juga bisa dibanderol lebih murah.

Menariknya lagi, Leclercq menambahkan meski mengincar ponsel dan tablet Android, platform Intel SoFIA tak cuma bisa menjalankan OS berbasis buatan Google itu tapi juga mampu menjalankan OS berbasis Windows.

“Kami tak peduli OS-nya, (Intel) SoFIA akan bisa jalankan semuanya,” pungkas Leclercq.

2 komentar:

Dispenzer Blog's said...

wih.., semoga ini berjalan lancar dan terbukti nyata :D

Unknown said...

iya semoga :v

Post a Comment

 
;